Langkah
- Langkah dalam Menyusun Perencanaan
Proses penyusunan rencana melibatkan pemikiran ke depan
berkaitan dengan apa yang akan diperbuat dengan sumber daya yang tersedia.
Dalam menyusun perencanaan yang baik, seorang manajer akan memperhitungkan
berbagai pertimbangan berkaitan dengan pengembangan organisasi yang dikelolanya
seperti berikut:
1.
Menganalisis dan melakukan prediksi
untuk masa yang akan datang.
2.
Menetapkan sasaran jangka panjang
dengan menentukan sasaran yang ingin dicapai dan menetapkan hasil yang menjadi
target dan tujuan akhir.
3.
Menentukan berbagai kebijakan
berkaitan dengan metode kerja yang akan diterapkan.
4. Menyusun jadwal / program yang harus
dilakukan dalam rangka pengembangan organisasi.
5.
Melakukan evaluasi anggaran
keuangan, dengan menetapkan sumber-sumber keuangan dan mengalokasikan pos-pos
pengeluaran yang akan digunakan dalam kegiatan pelaksanaan rencana.
Dengan menyusun perencanaan dalam sebuah organisasi
diharapkan setiap bentuk kegiatan akan lebih terfokus pada sasaran yang telah
ditetapkan, kinerja lebih efektif, memotivasi pegawai untuk lebih giat dan
berprestasi, memudahkan pengawasan, serta memudahkan manajer dalam pengambilan
keputusan.
Sumber :
Supar,M.
2007. Ekonomi 3. Jakarta: Yudhistira Quadra.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar