Kontrol Proses Manajemen
PERENCANAAN
STRATEGI.
Perencanaan strategi adalah proses
memutuskan program-program utama yang akan dilakukan suatu organisasi dalam
rangka implementasi strategi dan menaksir jumlah sumber daya yang akan dialokasikan
untuk tiap-tiap program jangka panjang beberapa tahun yang akan datang.
PENYUSUNAN
ANGGARAN.
Penyusunan anggaran adalah proses
pengoperasian rencana dalam bentuk pengkuantifikasian, biasanya dalam unit
moneter untuk kurun waktu tertentu.
PELAKSANAAN.
Selama tahun anggaran, manajer melakukan
program atau bagian dari program yang menjadi tanggungjawabnya. Laporan yang
dibuat hendaknya menunjukkan dapat menyediakan informasi tentang anggaran dan
realisasinya baik itu informasi untuk mengukur kinerja keuangan maupun
nonkeuangan, informasi internal maupun eksternal.
EVALUASI
KINERJA.
Pestasi kerja bisa dilihat dari efisien
atau efektif tidaknya suatu pusat pertanggungjawaban menjalankan tugasnya.
Evaluasi dilakukan dengan membandingkan antara realisasi anggaran dengan
anggaran yang telah ditetapkan sebelumnya.
Sumber
:
Umar, Husein. (2000). Business An Introduction. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Media.
M.Ag, Badrudin. (2013). Dasar-Dasar Manajemen.
Bandung: Alfabeta.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar