A. Internet addiction ( faktor etologi dan
jenis adiksi )
I.
Pendahuluan
Robin
Murphy, mendefinisikan internet sebagai kumpulan jaringan kerja
komputer–komputer yang saling terkait. Beberapa juta komputer-komputer individu
dihubungkan dalam jaringan kerja ini. Sehingga, teorinya apabila kita memiliki
akses untuk ke komputer individu yang lain, maka kita akan memiliki akses untuk
berhubungan dengan semua komputer dalam jaringan
kerja ini.
Dengan internet kita bisa berhubungan hingga seluruh dunia, dan juga semua bisa mengetahui bagaimana perkembangan IPTEK diseluruh Negara hanya dengan duduk di depan komputer. Internet yang semakin canggih pun mempunyai suatu dampak bagi para penggunanya, baik itu dampak positif maupun dampak negatif. Dampak negatif misalnya: pornografi, kebencian, rasisme, kejahatan, kekerasan, dan sejenisnya dijajakan secara terbuka dan tanpa penghalang. Berita yang bersifat pelecehan seperti pedafolia, dan pelecehan seksual pun mudah diakses oleh siapa pun. Barang-barang seperti viagra, alkhol, narkoba banyak ditawarkan melalui internet. Bahkan, melalui internet orang juga melakukan penipuan dan pencurian. Sedang dampak positifnya antara lain: bisa surat menyurat (e-mail), mengirim pesan; berbincang (chatting); mengambil/mengirim informasi (download/upload); menggunakan teknologi "teleconference" (konferensi interaktif secara online dari jarak jauh); mendapatkan hiburan; Internet juga dapat dimanfaatkan untuk memupuk semangat belajar secara mandiri pada anak.
Dengan internet kita bisa berhubungan hingga seluruh dunia, dan juga semua bisa mengetahui bagaimana perkembangan IPTEK diseluruh Negara hanya dengan duduk di depan komputer. Internet yang semakin canggih pun mempunyai suatu dampak bagi para penggunanya, baik itu dampak positif maupun dampak negatif. Dampak negatif misalnya: pornografi, kebencian, rasisme, kejahatan, kekerasan, dan sejenisnya dijajakan secara terbuka dan tanpa penghalang. Berita yang bersifat pelecehan seperti pedafolia, dan pelecehan seksual pun mudah diakses oleh siapa pun. Barang-barang seperti viagra, alkhol, narkoba banyak ditawarkan melalui internet. Bahkan, melalui internet orang juga melakukan penipuan dan pencurian. Sedang dampak positifnya antara lain: bisa surat menyurat (e-mail), mengirim pesan; berbincang (chatting); mengambil/mengirim informasi (download/upload); menggunakan teknologi "teleconference" (konferensi interaktif secara online dari jarak jauh); mendapatkan hiburan; Internet juga dapat dimanfaatkan untuk memupuk semangat belajar secara mandiri pada anak.
II.
Analisis dan
pembahasan
Internet
addiction atau kecanduan internet. Di zaman dimana saat perkembangan teknologi dan
informasi sudah sangat maju, internet menjadi sebuah kebutuhan. Pemakaian
internet secara berlebihan dapat dikatakan sebagai kecanduan. Adiksi atau
kecanduan merupakan kondisi terikat pada kebiasaan yang sangat kuat dan tak
mampu lepas dari keadaan itu. Seseorang yang kecanduan merasa terhukum apabila
tak memenuhi hasrat kebiasaannya. termasuk kecanduan akan internet. Penyebab
seseorang bisa kecanduan internet biasanya dikarenakan mereka menemukan
kepuasan di internet, yang tidak mereka dapatkan di dunia nyata. Kebanyakan
mereka terperangkap pada aktivitas negatif seperti games, judi dan sex online,
sehingga mereka dapat hal - hal yang lebih penting di kehidupan nyata mereka.(Kecanduan
Internet Addiction) merupakan suatu gangguan psikofisiologis yang meliputi
tolerance (penggunaan dalam jumlah yang sama akan menimbulkan respon minimal,
jumlah harus ditambah agar dapat membangkitkan kesenangan dalam jumlah yang
sama), whithdrawal symptoms(khususnya menimbulkan termor, kecemasan, dan
perubahanmood),gangguan afeksi (depresi, sulit menyesuaikan diri),dan terganggungnyakehidupan
sosial (menurun atau hilang sama sekali,baik dari segi kualitas
maupinkuantitas) Internet addiction diartikan sebagai sebuah sindrom yang
ditandai denganmenghabiskan sejumlah waktu yang sangat banyak dalam menggunakan
internet dantidak mampu mengontrol penggunaannya saat online Orang-orang
yangmenunjukkan sindrom ini akan merasa cemas, depresi, atau hampa saat
tidakonlinediinternet dalam .Internet addiction adalah penggunaan internet yang
bersifat patologis, yang ditandaidengan ketidakmampuan individu untuk
mengontrol waktu menggunakan internet,merasa dunia maya lebih menarik
dibandingkan kehidupan nyata, dan mengalami gangguan dalam hubungan sosialnya.
- Kecanduan adalah pengulangan terus perilaku meskipun konsekuensi yang merugikan
atau gangguan neurologis Kecanduan dapat mencakup , tetapi tidak terbatas
pada , penyalahgunaan narkoba , kecanduan olahraga , kecanduan makanan ,
kecanduan seksual , kecanduan komputer dan perjudian . Klasik keunggulan
dari kecanduan termasuk kontrol terganggu atas zat atau perilaku ,
keasyikan dengan substansi atau perilaku , terus menggunakan meskipun
konsekuensi , dan penolakan . Kebiasaan dan pola yang berhubungan
dengan kecanduan biasanya ditandai dengan kepuasan segera (reward jangka
pendek ) , ditambah dengan tertunda efek merusak (biayajangkapanjang).
Ferris mengungkapkan penyebab seseorang mengalamiinternet addiction dilihat dari berbagai pandangan, yaitu
Pandangan
Behavioris Menurut pandangan behavior, internet addictiondidasari oleh teori B.FSkinner mengenaioperant
conditioning,individu mendapatkan reward positif, negatif, atau hukuman atas
apa yang dilakukannya.
Pandangan Psikodinamika dan Kepribadian Pandangan ini mengemukakan addictionberkaitan antara individu tersebut dengan pengalamannya. Tergantung pada kejadian pada masa anak-anak yangdirasakan individu tersebut saat masih anak-anak dan kepribadiannya yangterus berkembang, yang juga mempengaruhi perkembangan suatu perilakuaddictive, ataupun yang lainnya.
Pandangan Sosiokultural Pandangan sosiokultural menunjukkan ketergantungan ini tergantung pada ras, jenis kelamin, umur, status ekonomi, agama, dan negara.
Pandangan Biomedis Pandangan ini menekankan pada adanya faktor keturunan dan kesesuaian, antara keseimbangan kimiawi antara otak dan neurotrasmiter. Dimana pasien ketergantungan obat-obatan yang membutuhkan penyeimbangan zat kimia pada otaknya, atau individu yang memiliki kecenderungan terlibat dalam perjudian.
Pandangan Psikodinamika dan Kepribadian Pandangan ini mengemukakan addictionberkaitan antara individu tersebut dengan pengalamannya. Tergantung pada kejadian pada masa anak-anak yangdirasakan individu tersebut saat masih anak-anak dan kepribadiannya yangterus berkembang, yang juga mempengaruhi perkembangan suatu perilakuaddictive, ataupun yang lainnya.
Pandangan Sosiokultural Pandangan sosiokultural menunjukkan ketergantungan ini tergantung pada ras, jenis kelamin, umur, status ekonomi, agama, dan negara.
Pandangan Biomedis Pandangan ini menekankan pada adanya faktor keturunan dan kesesuaian, antara keseimbangan kimiawi antara otak dan neurotrasmiter. Dimana pasien ketergantungan obat-obatan yang membutuhkan penyeimbangan zat kimia pada otaknya, atau individu yang memiliki kecenderungan terlibat dalam perjudian.
2.2 jenis-jenis adiksi
Menurut Griffiths (2005) telah mencantumkan enam
dimensi untuk menentukan apakah individu sudah digolongkan sebagai pecandu
internet. Dimensi tersebut adalah sebagai berikut:
- Salience hal ini terjadi ketika penggunaan internet
menjadi aktivitas yang paling penting dalam kehidupan individu,
mendominasi pikiran individu (pre-okupasi atau gangguan kognitif),
perasaan (merasa sangat butuh), dan tingkahlaku(kemunduran dalam perilaku
sosial).
b. Mood modification merupakan Keterlibatan yang tinggi saat menggunakan internet. Dimana terdapat perasaan senang dan tenang (seperti menghilangkan stress) saat perilaku kecanduan itu muncul.
c.Tolerance merupakan proses dimana terjadinya peningkatan jumlah penggunaan internet untuk mendapatkan efek perubahan dari mood. Demi mencapai kepuasan, jumlah penggunaan internet meningkat secara mencolok.
Kepuasaan yang diperoleh dalam menggunakan internet secara terus menerus dalam jumlah waktu yang sama akan menurun secara mencolok, dan untuk memperoleh pengaruh yang sama kuatnya seperti sebelumnya, maka individu secara berangsur-angsur harus meningkatkan jumlah pemakaian agar tidak terjadi toleransi, contohnya pemain tidak akan mendapatkan perasaan kegembiraan yang sama seperti jumlah waktu pertama bermain sebelummencapai waktu yang lama.
Withdrawal symptoms Merupakan perasaan tidak menyenangkan
yang terjadi karena penggunaan internet dikurangi atau tidak dilanjutkan dan
hal iniberpengaruh pada fisik seseorang, perasaan dan efek antara perasaan dan
fisik (seperti, pusing, insomnia) atau psikologisnya (misalnya, mudah marah
atau moodiness
III.
Kesimpulan
Internet
addiction atau kecanduan internet. Adiksi atau kecanduan merupakan kondisi terikat
pada kebiasaan yang sangat kuat dan tak mampu lepas dari keadaan itu. Seseorang
yang kecanduan merasa terhukum apabila tak memenuhi hasrat kebiasaannya.
termasuk kecanduan akan internet. Penyebab seseorang bisa kecanduan internet
biasanya dikarenakan mereka menemukan kepuasan di internet, yang tidak mereka
dapatkan di dunia nyata. Kebanyakan mereka terperangkap pada aktivitas negatif
seperti games, judi dan sex online, sehingga mereka dapat hal - hal yang lebih
penting di kehidupan nyata mereka.(Kecanduan Internet Addiction) merupakan
suatu gangguan psikofisiologis yang meliputi tolerance (penggunaan dalam jumlah
yang sama akan menimbulkan respon minimal.
Ada beberapa mendapat menurut pandangan pandangan : Pandangan
Behavioris Menurut pandangan behavior, Pandangan Psikodinamika dan Kepribadian,
Pandangan Biomedis Pandangan, Pandangan Sosiokultural Pandangan sosiokultural
IV.
Referensi :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar